Ide Bisnis Sayuran Segar Paling Mudah Diterapkan

Masih bingung mencari ide bisnis yang mau dikerjakan? Banyak lho diluar sana, apapun bisa kamu jadikan bisnis. Intinya asal kamu tekuni dan kamu pelajari semua bisa mendatangkan pundi-pundi uang untuk kamu. Tidak percaya? Oke, yuk kita simak ide bisnis sayuran segar dengan modal kecil tapi bisa untung cukup besar bahkan puluhan juta.

Sayuran adalah kebutuhan makanan pokok bagi setiap orang, karena sayuran termasuk makanan sehat menyuplai vitamin dalam tubuh. Bagi sebagian orang jika harus belanja sayuran di pasar menjadi hal yang malas, apalagi masyarakat yang perekonomiannya kelas menengah keatas. Untuk berjubel dipasar, antri beli sayuran sudah bisa dipastikan jarang sekali yang mau melakukannya.

Nah ini adalah sebuah peluang yang bagus buat kamu jika ingin terjun di bisnis sayuran segar. Kuncinya disini adalah produk sayuran yang bagus & kemasan yang higienis. Kamu bisa mencari pemasok sayuran segar atau kamu bisa beli sayuran segar di pasar induk. Kenapa di pasar induk? Ya, karena hanya di pasar induk kamu bisa mendapatkan sayuran dengan harga murah dan masih tangan kedua. Jika kamu beli dipasar biasa, pastinya harga lebih mahal dan kamu tidak tahu sayuran yang kamu beli itu sudah jatuh ke tangan berapa. Maka solusinya belanjalah sayuran di pasar induk. Hampir disetiap kota pasti ada pasar induk, cobalah kamu cari tahu pasar induk dikotamu. Biasanya pasar induk itu ramai kalau malam hari sampai subuh pagi, karena banyak truk-truk memuat sayuran dan buah-buahan datang dari berbagai penjuru untuk menyuplai pasar tersebut.

Setelah kamu mendapatkan info tentang pasar induk, barulah kamu mencoba dulu berbelanja sayuran. Carilah pedagang yang banyak dituju orang (laris dagangannya) karena biasanya harganya cuma selisih sedikit dari pengepul atau penyuplai sayuran. Belilah berbagai jenis sayuran, sedikit-sedikit saja. Tujuannya untuk apa? Ya untuk kamu bikin foto produk, untuk bikin brosur, untuk bikin katalog produk. Modal awal kamu ya cuma katalog dulu, kecuali kamu punya modal besar dan berani untuk stok sayuran. Tapi saranku berbisnislah mulai dari yang kecil dulu, jika kamu gagal maka kamu tidak menanggung kerugian yang besar.

Uang 100rb apakah cukup? Coba saja kepasar induk, uang segitu sudah dapat banyak sekali sayuran. Tinggal kamu belanjakan sayuran seperti bayam, sawi, bawang, tomat, wortel, brokoli, kol dan lainnya. Pilihlah sayuran yang terbaik kualitasnya, jika sayuran daun pilih jangan yang bolong-bolong, jangan yang layu, jangan yang pucat, intinya sayuran yang daunnya segar. Kalau tomat ya pilih yang mulus, jangan yang banyak bercak, jangan yang memar, jangan yang belum masak, carilah yang merah dan warnanya merata. Kualitas akan menentukan harga jualmu nantunya.

Setelah bahan utama didapat yaitu sayuran, tahap selanjutnya adalah mensortir kembali dirumah. Cek lagi apakah sayuranmu memiliki kualitas tinggi, jika ada yang cacat ya disisihkan. Sayuran yang bagus hasil sortir selanjutnya kamu packing dengan plastik kemasan. Jika sayurannya berbentuk buah seperti tomat, wortel, brokoli dan semacamnya bisa kamu wrapping. Masih bingung? Sesekali jalan-jalanlah ke supermarket di kotamu. Pasti disana akan kamu jumpai sayur-sayuran segar yang dikemas cantik dipajang di etalase. Nah, kamu tinggal tiru konsepnya itu. Sekalian di supermarket, kamu juga bisa bandingkan harganya. Pasti kamu akan terkejut selisih sayuran yang kamu beli dipasar dengan yang dijual di supermarket, sangat jauh selisihnya. Disini kamu sudah bisa hitung berapa keuntunganmu dengan menjual sepeti itu. Itulah peluang usaha bisnis sayuran yang bisa kamu terapkan dengan mudah.

Kunci kesuksesan dari bisnis ini adalah “KEMASAN”. Lagi-lagi saya harus menulis dengan huruf besar, karena ini sering disepelekan mayoritas pedagang kita. Padahal kemasan adalah kunci utama dalam suksesnya bisnis. Sebagus apapun promosi yang kamu lakukan, kalau kemasannya jelek ya produkmu hanya akan dianggap murahan. Begitu sebaliknya, jika produkmu biasa-biasa saja tapi kemasannya bagus, produkmu akan dianggap produk premium dengan kualitas tinggi. Tidak percaya, buktikan saja. Kemasan adalah kunci utama agar produkmu menjadi lebih bernilai.

Yang membedakan sayuran dijual dipasar dengan sayuran yang dijual disupermarket ya kemasannya. Padahal isinya ya sama, sama-sama sayuran dari petani. Nah, cobalah berbisnis dibidang ini karena prospeknya masih terbuka lebar. Untuk strategi pemasarannya gimana? Setelah kamu foto semua produk yang kamu beli dan kamu packing, jangan lupa untuk kamu beri label dengan brand kamu sendiri. Buatlah katalog sebagus mungkin, bisa katalog cetak bentuk brosur dan katalog digital. Nah katalog itulah yang bisa kamu sebar-sebarkan di media online, sosial media, marketplace, dan lainnya. Jika pemasaran secara offline, kamu bisa kunjungi perumahan-perumahan menengah ke atas dikotamu. Tawarkan untuk sayuran segar yang bisa kamu suplai setiap harinya. Cara order bisa lewat WhatsApp di hari sebelumnya. Untuk tehniknya ya kamu sendiri yang atur. Cukup mudah bukan menjalankan bisnis sayuran segar ini… 😀 Kan berkali-kali saya bilang, bisnis itu simple bosss… Tinggal kemauanmu saja, mau bergerak atau stagnan ditempat… Apakah bisnis dibidang ini menjanjikan? Lho… jangan salah, coba kamu browsing web-web yang jual sayuran segar. Mereka sekarang sudah menjadi besar dengan keuntungan perbulan hingga puluhan juta hanya dari jualan sayur. Maka dari itu, ayo bergeraklah… 😀