Ide Bisnis Camilan Kekinian Modal Kecil Cuma 100 Ribuan

Sebenarnya saya ‘gregetan’ kalau ada orang bilang mau bisnis tapi tidak punya modal. hemm… Padahal bisnis itu bukan masalah modal, tapi masalah kemauan. Niat terjun ke dunia bisnis atau tidak. Banyak bisnis yang dimulai dari modal kecil, bahkan ada juga bisnis yang dimulai tanpa modal dengan hasil yang fantastis.

Namun kali aku akan coba share contoh bisnis yang dimulai dengan modal kecil yaitu modal cuma 100 ribuan saja. Saya ambil contoh bisnis camilan kekinian, sangat banyak sekali model bisnis seperti ini yang saat ini menjadi booming. Idenya sih simple dan mudah dipraktekan, hanya dengan mengolah makanan menjadi camilan kering yang ditaburi dengan aneka bumbu rasa. Bahan makanan bisa dari apa saja seperti singkong, kentang, ubi, talas, makaroni, tempe dan bahan lainnya.

Masih juga belum punya gambaran? Hemmm… “Gubrak :D”

Gini ya mas, mbak, bapak, ibu atau temen-temen sekalian. Saat kamu mau mencoba bisnis camilan kekinian, maka hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah survey atau istilahnya cari tahu apa yang anak-anak zaman now sukai. Sebagai contoh, anak-anak atau remaja zaman sekarang paling suka dengan makaroni crispy keju. Nah, dari situ cobalah untuk mengolah makaroni dengan cara digoreng dan setelah ditiriskan taburi dengan bumbu rasa keju. Selesai… ya cuma gitu aja… Bisnis itu simple, gak usah dibikin ribet…

Mau yang lebih simple lagi buka bisnis camilan kekinian? Ini dia caranya. Jika kamu gak bisa mengolah makaroni atau memasak makaroni dengan digoreng, kamu bisa beli saja camilan makaroni kiloan yang sudah siap santap. Banyak yang jual, coba cari saja di dekat rumahmu yang jual camilan kiloan, jangan lupa pilih yang rasa original belum dicampur apa-apa. Nah jika kamu sudah membelinya, tinggal kamu taburi dengan bumbu aneka rasa. Jika rasa keju ya taburi dengan bumbu rasa keju. Cuma gitu, lebih simple kan… Tapi wajib kamu ingat ya, kalau mau bahan dasarnya dari camilan kiloan yang siap saji pastikan rasanya memang benar-benar enak, teksturnya sesuai dengan yang kamu inginkan dan jika dimakan akan nyaman artinya tidak terlalu keras atau alot. Ini penting untuk diuji coba dahulu, belilah sedikit dulu lalu kamu test untuk dimakan sendiri. Jika memang kamu sudah yakin ini pas dan bakalan orang suka, tinggal kamu beli yang banyak.

Saat bahan baku camilan sudah siap, tahap selanjutnya adalah membuat kemasan. Kunci sukses bisnis yang pertama adalah “KEMASAN”. Kenapa saya tulis dengan huruf besar, agar teman-teman tidak menyepelekan kunci pertama ini agar bisnisnya sukses. Kemasan tidak boleh asal kemasan, buatlah yang benar-benar bagus. Bisa juga dengan membuat yang unik. Jika memang kemasan dari plastik, ya jangan pakai plastik biasa. Banyak kok yang jual plastik kemasan, jika didekat rumah gak ada yang jual tinggal kamu cari di marketplace dijamin pasti ada. Setelah plastik kemasan didapat, butlah stiker label yang benar-benar bagus juga. Gak bisa desain? Hemmm… hari gini masih bingung desain label kemasan, banyak yang buka jasa desain label kemasan. Tinggal kamu cari di Google dengan kata kunci “jasa desain produk”.

Nah, masuklah dalam tahap terakhir jika bahan baku sudah ada, kemasan sudah ada, label juga sudah oke, tahap selanjutnya yaitu promosi. Pada tahap ini pasti banyak yang bingung dan gak tau. Iya saya paham betul, semua orang itu bisa bikin produk tapi tidak semua orang bisa memasarkannya. Sebagus apapun produknya kalau gak ada yang beli, ya sama saja bohong alias zonk… He.he… Untuk tahapan promosi, kamu bisa cari tahu di website ini di menu pemasaran dan promosi. Jika membutuhkan tools promosi yang handal, kamu bisa menggunakan Linkee sebagai sarana promosi di media online. Oke, sampai disini dulu ulasannya, semoga bermanfaat. Jika ada yang mau ditanyakan silahkan hubungi saya dihalaman konsultasi. Terima kasih & semoga bermanfaat. 🙂